SOAL MATERI KELAS 12

 




Perhatikan beberapa kejadian/peristiwa berikut:                                                                                        A.Munculnya mata dadu 7 dari hasil pelemparan sebuah dadu.                                                          B.Kelahiran seorang bayi laki-laki.                                                                                                        C.Terambilnya kartu bernomor 11 dari satu set kartu remi.                                                                          D.Kematian seorang manusia.                                                                                                                      E.Terbitnya matahari setiap harinya.                                                                                                            F.Munculnya api di kedalaman lautan.                                                                                                  G.Seekor kucing dapat berbahasa Indonesia.                                                                                                    

1. Dari kejadian/peristiwa di atas, manakah yang memiliki peluang kejadian 0?

2. Di suatu kelas terdiri dari siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok untuk memberi sumbangan kepada korban bencana alam. Kelompok I, II, dan III berturut-turut terdiri dari 10,12, dan 18 siswa. Jika rata-rata sumbangan kelompok I adalah Rp10.000,00, rata-rata sumbangan kelompok II Rp11.000,00, dan rata-rata sumbangan seluruh kelompok Rp9.400,00, maka rata-rata sumbangan kelompok III adalah 
A. Rp7.500,00                 D. Rp9.000,00
B. Rp8.000,00                 E. Rp10.000,00
C. Rp8.500,00

Pembahasan

Diketahui:
n1=10n2=12n3=18x¯1=10.000x¯2=11.000x¯G=9.400
Ditanya: x¯3
Notasi n menyatakan banyak siswa pada suatu kelompok dan x¯ menyatakan rata-rata sumbangan suatu kelompok. Notasi x¯G menyatakan rata-rata sumbangan seluruh kelompok. 
x¯G dapat ditentukan dengan menjumlahkan seluruh sumbangan yang ada pada setiap kelompok, lalu dibagi banyak siswa seluruhnya. 
x¯G=n1x¯1+n2x¯2+n3x¯3n1+n2+n39.400=1010.000+1211.000+18x¯310+12+189.400=100.000+132.000+18x¯3409.40040=232.000+18x¯318x¯3=376.000232.000x¯3=144.00018=8.000Jadi, rata-rata sumbangan kelompok III adalah Rp8.000,00.

2. Dilla diperbolehkan ibunya untuk mengambil satu permen dari sebuah kantong. Dia tidak dapat melihat warna permen tersebut. Banyaknya permen dengan masing-masing warna dalam kantong tersebut ditunjukkan dalam grafik berikut.

Berapakah peluang Dilla mengambil sebuah permen warna merah?
3. Sebuah dadu dilambungkan sebanyak 120 kali. Frekuensi harapan munculnya mata dadu bilangan prima adalah ⋯⋅
4.Sebuah huruf dipilih secara acak dari huruf-huruf pembentuk kata “INDONESIA”. Peluang terpilihnya huruf N adalah ⋯⋅
5. Hasil dari 5! adalah ....
6. Hasil dari 3 ! x 2 ! adalah ....
7. Hasil dari 4! - 3! adalah ...
8. Hasil dari 9!:5! ...
9. Hasil dari Pembagian Faktorial (8!X5!):7! adalah ....
10. (n-1)!:n adalah ....
11. Nilai n yang memenuhi persamaan (n+3)!=10(n+2)! adalah ⋯⋅
12. Diketahui data nilai ulangan Matematika kelas 4 SD Pelita yaitu sebagai berikut : 9, 4, 7, 6, 8, 5, 4, 5, 9, 8, 9. Hitunglah mean dari data tersebut ....
13.Diketahui data nilai ulangan Matematika kelas 4 SD Pelita yaitu sebagai berikut : 9, 4, 7, 6, 8, 5, 4, 5, 9, 8, 9. Hitunglah median dari data tersebut!
14. Diketahui data nilai ulangan Matematika kelas 4 SD Pelita yaitu sebagai berikut : 9, 4, 7, 6, 8, 5, 4, 5, 9, 8, 9. Hitunglah modus dari data tersebut!
15. Hasil penilaian harian pelajaran matematika dari 

40 orang siswa disajikan dalam ogive negatif berikut.
Ogive negatif
Hasil penilaian harian siswa menggunakan bilangan bulat dari 0 sampai 100. Siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75 akan mengikuti program pengayaan, sedangkan lainnya harus mengikuti program remedial. Pernyataan berikut yang benar adalah 

  1. Siswa yang remedial lebih banyak dari siswa yang tidak remedial
  2. 12,5% siswa memiliki nilai kurang dari 86
  3. 62,5% siswa memiliki nilai kurang dari 71
  4. Selisih banyak siswa yang remedial dan tidak remedial adalah 2 orang
  5. 13 siswa mendapatkan nilai 79,5

Pembahasan

Dari ogive negatif di atas, siswa yang memperoleh nilai:
51,5 sebanyak 2 orang;
58,5 sebanyak 3 orang;
65,5 sebanyak 10 orang;
72,5 sebanyak 12 orang;
79,5 sebanyak 8 orang;
86,5 sebanyak 3 orang;
93,5 sebanyak 2 orang.
Nyatakan dalam tabel distribusi frekuensi.
NilaiFrekuensi52584038=259653835=366723525=1073792513=128086135=8879352=3941002Jumlah40
Siswa mengikuti program remedial jika nilainya <75 dan jika tidak, maka ia mengikuti program pengayaan.
Cek pilihan A:
Banyak siswa yang dipastikan mengikuti program remedial dapat dilihat dari 3 kelas pertama, yaitu 2+3+10=15 orang.
Batas remedial berada pada kelas dengan interval 7379. Diketahui bahwa batas remedial adalah 75. Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 dinyatakan oleh
n=Batas RemedTepi BawahTepi AtasTepi Bawah×Frek. Kelas=7572,579,572,5×12=2,57×124,284Total siswa yang mengikuti program remedial adalah 15+4=19 orang.
Sisanya mengikuti program pengayaan, yaitu 4019=21 orang.
Ini artinya, siswa yang mengikuti remedial lebih sedikit dari siswa yang tidak mengikuti remedial.
Pernyataan pada pilihan A adalah SALAH.
Cek Pilihan B:
Banyak siswa yang dipastikan nilainya kurang dari 86 dapat dilihat pada 4 kelas pertama, yaitu 2+3+10+12=27 orang.
Sekarang, tinjau kelas dengan interval 8086.
Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari 86 adalah
n=Batas RemedTepi BawahTepi AtasTepi Bawah×Frek. Kelas=8679,586,579,5×8=6,57×87Total siswa yang nilainya kurang dari 86 adalah 27+7=34 orang, yaitu sebesar 3440×100%=85% dari jumlah siswa yang ada.
Pilihan B SALAH.
Cek pilihan C:
Banyak siswa yang dipastikan nilainya kurang dari 71 dapat dilihat pada 2 kelas pertama, yaitu 2+3=5 orang.
Sekarang, tinjau kelas dengan interval 6672.
Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari 71 adalah
n=Batas RemedTepi BawahTepi AtasTepi Bawah×Frek. Kelas=7165,572,565,5×10=5,57×108Total siswa yang nilainya kurang dari 71 adalah 5+8=13 orang, yaitu sebesar 1340×100%=32,5% dari jumlah siswa yang ada.
Pilihan C SALAH.
Cek pilihan D:
Berdasarkan hasil pemeriksaan kebenaran pada pilihan A, kita mendapatkan bahwa banyak siswa yang mengikuti program pengayaan adalah 21 orang, sedangkan yang mengikuti program remedial adalah 19 orang. Jadi, selisihnya 2Pilihan D BENAR.
Cek Pilihan E:
Tidak mungkin ada siswa yang mendapat nilai 79,5 karena sudah diinformasikan pada soal bahwa nilai yang didapat berupa bilangan bulat dari 0 sampai 100.
Pilihan E SALAH.
(Jawaban D)

15. Data nilai siswa hasil ulangan matematika disajikan dalam tabel distribusi frekuensi berikut. 
NilaiFrekuensi202933039740498505912606997079680895
Nilai modus dari data pada tabel di atas adalah 

Kelas dengan frekuensi tertinggi adalah kelas dengan interval 5059.
Diketahui:
L0=500,5=49,5c=5950+1=10d1=128=4d2=129=3
Dengan demikian, diperoleh
Mo=L0+c(d1d1+d2)=49,5+10(44+3)=49,5+407
Jadi, modus data pada tabel di atas adalah 49,5+407

16. Tabel berikut menyajikan data berat badan 40 siswa. 

Berat Badan (kg)Frekuensi40455465175257958631264697
Nilai modus dari data pada tabel di atas adalah 
A. 57,5+278
B. 57,5+188
C. 57,5158 
D. 57,5188
E. 57,5+208

Pembahasan

Kelas dengan frekuensi tertinggi adalah kelas dengan interval 5863.
Diketahui:
L0=580,5=57,5c=6358+1=6d1=129=3d2=127=5
Dengan demikian, diperoleh
Mo=L0+c(d1d1+d2)=57,5+6(33+5)=57,5+188
Jadi, modus data pada tabel di atas adalah 57,5+188


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG

TRIGONOMETRI