SOAL MATERI KELAS 12
Perhatikan beberapa kejadian/peristiwa berikut: A.Munculnya mata dadu 7 dari hasil pelemparan sebuah dadu. B.Kelahiran seorang bayi laki-laki. C.Terambilnya kartu bernomor 11 dari satu set kartu remi. D.Kematian seorang manusia. E.Terbitnya matahari setiap harinya. F.Munculnya api di kedalaman lautan. G.Seekor kucing dapat berbahasa Indonesia.
1. Dari kejadian/peristiwa di atas, manakah yang memiliki peluang kejadian 0?
2. Di suatu kelas terdiri dari siswa yang dibagi menjadi kelompok untuk memberi sumbangan kepada korban bencana alam. Kelompok I, II, dan III berturut-turut terdiri dari , dan siswa. Jika rata-rata sumbangan kelompok I adalah Rp10.000,00, rata-rata sumbangan kelompok II Rp11.000,00, dan rata-rata sumbangan seluruh kelompok Rp9.400,00, maka rata-rata sumbangan kelompok III adalah
A. Rp7.500,00 D. Rp9.000,00
B. Rp8.000,00 E. Rp10.000,00
C. Rp8.500,00
Diketahui:
Ditanya:
Notasi menyatakan banyak siswa pada suatu kelompok dan menyatakan rata-rata sumbangan suatu kelompok. Notasi menyatakan rata-rata sumbangan seluruh kelompok.
dapat ditentukan dengan menjumlahkan seluruh sumbangan yang ada pada setiap kelompok, lalu dibagi banyak siswa seluruhnya.
Jadi, rata-rata sumbangan kelompok III adalah Rp8.000,00.
2. Dilla diperbolehkan ibunya untuk mengambil satu permen dari sebuah kantong. Dia tidak dapat melihat warna permen tersebut. Banyaknya permen dengan masing-masing warna dalam kantong tersebut ditunjukkan dalam grafik berikut.
orang siswa disajikan dalam ogive negatif berikut.
Hasil penilaian harian siswa menggunakan bilangan bulat dari sampai . Siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan akan mengikuti program pengayaan, sedangkan lainnya harus mengikuti program remedial. Pernyataan berikut yang benar adalah
- Siswa yang remedial lebih banyak dari siswa yang tidak remedial
- siswa memiliki nilai kurang dari
- siswa memiliki nilai kurang dari
- Selisih banyak siswa yang remedial dan tidak remedial adalah orang
- siswa mendapatkan nilai
Dari ogive negatif di atas, siswa yang memperoleh nilai:
sebanyak orang;
sebanyak orang;
sebanyak orang;
sebanyak orang;
sebanyak orang;
sebanyak orang;
sebanyak orang.
Nyatakan dalam tabel distribusi frekuensi.
Siswa mengikuti program remedial jika nilainya dan jika tidak, maka ia mengikuti program pengayaan.
Cek pilihan A:
Banyak siswa yang dipastikan mengikuti program remedial dapat dilihat dari kelas pertama, yaitu orang.
Batas remedial berada pada kelas dengan interval . Diketahui bahwa batas remedial adalah . Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari dinyatakan oleh
Total siswa yang mengikuti program remedial adalah orang.
Sisanya mengikuti program pengayaan, yaitu orang.
Ini artinya, siswa yang mengikuti remedial lebih sedikit dari siswa yang tidak mengikuti remedial.
Pernyataan pada pilihan A adalah SALAH.
Cek Pilihan B:
Banyak siswa yang dipastikan nilainya kurang dari dapat dilihat pada kelas pertama, yaitu orang.
Sekarang, tinjau kelas dengan interval .
Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari adalah
Total siswa yang nilainya kurang dari adalah orang, yaitu sebesar dari jumlah siswa yang ada.
Pilihan B SALAH.
Cek pilihan C:
Banyak siswa yang dipastikan nilainya kurang dari dapat dilihat pada kelas pertama, yaitu orang.
Sekarang, tinjau kelas dengan interval .
Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari adalah
Total siswa yang nilainya kurang dari adalah orang, yaitu sebesar dari jumlah siswa yang ada.
Pilihan C SALAH.
Cek pilihan D:
Berdasarkan hasil pemeriksaan kebenaran pada pilihan A, kita mendapatkan bahwa banyak siswa yang mengikuti program pengayaan adalah orang, sedangkan yang mengikuti program remedial adalah orang. Jadi, selisihnya . Pilihan D BENAR.
Cek Pilihan E:
Tidak mungkin ada siswa yang mendapat nilai karena sudah diinformasikan pada soal bahwa nilai yang didapat berupa bilangan bulat dari sampai .
Pilihan E SALAH.
(Jawaban D)
Nilai modus dari data pada tabel di atas adalah
Kelas dengan frekuensi tertinggi adalah kelas dengan interval .
Diketahui:
Dengan demikian, diperoleh
Jadi, modus data pada tabel di atas adalah
16. Tabel berikut menyajikan data berat badan 40 siswa.
Nilai modus dari data pada tabel di atas adalah
A.
B.
C.
D.
E.
Kelas dengan frekuensi tertinggi adalah kelas dengan interval .
Diketahui:
Dengan demikian, diperoleh
Jadi, modus data pada tabel di atas adalah
Komentar